Minggu, 10 Desember 2017

Latar Belakang


Indonesia  merupakan negara yang mempunyai Sumber Daya Alam (SDA) yang besar. Sebagian besar penduduk menggantungkan hidup dari sektor pertanian, baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara komparatif Indonesia mempunyai Sumber Daya Alam yang sangat potensial untuk pengembangan sektor pertanian serta Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM). Karenanya pengelolaan sektor pertanian dan pengembangan industri, merupakan pilihan strategis dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani dan pelaku KUKM.

Akan tetapi, potensi yang ada, berupa Sumber Daya Alam; air, lahan, plasma nutfah belum terkelola dengan baik, karena tidak memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Dengan sendirinya pemanfaatannya belum optimal bagi peningkatan kesejahteraan penduduk. Apalagi untuk mengentaskan masyarakat dari 4K, “Kemiskinan, Kebodohan, Keterbelakangan, dan Kekufuran” (Lingkaran Setan).

Pendidikan diharapkan dapat menjadi solusi yang bisa memutus lingkaran setan tersebut. Akan tetapi, pendidikan yang bermutu hanya bisa dinikmati oleh orang-orang kaya, mengingat mahalnya biaya pendidikan. Dampaknya, kesenjangan antara kaya dan miskin semakin tajam.

Disinilah perlunya kesadaran untuk menyamakan persepsi, visi dan misi yang dimanifestasikan dengan aksi bersama untuk mengoptimalisasikan potensi daerah dengan program yang terpadu antara pelaku KUKM, dunia usaha, penelitian dan pendidikan, LSM serta pemerintah daerah (public service), yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat secara luas (community college).

Berlandaskan dari dasar pemikiran tersebut, yaitu adanya hubungan Sumber Daya Alam (SDA) dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak seimbang serta kebijakan pemerintah daerah yang mengarah kepada upaya pemberdayaan masyarakat, memacu PRIMA KATALISINDO YOGYA untuk berkiprah di dunia pemberdayaan masyarakat dan pengembangan UMKM. Bersama dengan komponen masyarakat yang lain, PRIMA KATALISINDO YOGYA mengajak untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia yang hakiki.



Agenda

  • Teknik Desain & Kemasan MMO Prov. Babel
    Teknik Desain & Kemasan MMO Prov. Babel
  • Sirup & Nata De Coco Kab. Mappi - Papua
    Sirup & Nata De Coco Kab. Mappi - Papua
  • Pengolahan Kelapa Terpadu Kab. Mappi - Papua
    Pengolahan Kelapa Terpadu Kab. Mappi - Papua
  • Pengolahan Kelapa Terpadu Kab. Aceh Timur - NAD
    Pengolahan Kelapa Terpadu Kab. Aceh Timur - NAD
Galeri
MMO
MMO